Mengenal Jenis Minuman Beralkohol dan Kandungan Kadar Alkohol

Minuman Beralkohol tentunya sudah tidak asing lagi, minuman yang dianggap sebagian orang dapat membahayakan tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tetapi, perlu diketahui bahwa minuman beralkohol ada beberapa jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Minuman beralkohol dibuat dengan melalui tahap fermentasi khamir dari bahan baku yang mengandung pati atau gula tinggi. Bahan baku yang biasa dipakai adalah biji-bijian (seperti jagung, beras, gandum dan barley), umbi-umbian (seperti kentang dan ubi kayu), buah-buahan (seperti anggur, apel, pear, cherry), tanaman palem (seperti aren, kelapa, siwalan, nipah), gula tebu dan gula beet, serta molases. Khusus bahan baku biji-bijian, sebelum proses fermentasi berlangsung, bahan-bahan tersebut diproses terlebih dahulu dengan cara merendamnya sampai menjadi kecambah, kemudian dirbus dan diproses menjadi bubur dan dimasak kembali.

Jenis Minuman Beralkohol Sesuai Kadarnya:

Golongan A (1%-5%)

Minuman beralkohol golongan A merupakan jenis minuman keras yang memiliki kadar alkohol paling rendah, yaitu mulai dari 1-5%. Karena kadar alkoholnya cukup rendah, biasanya minuman ini dapat ditemukan di minimarket atau supermarket. Minuman beralkohol dengan kadar rendah seperti jenis ini, sangat sulit untuk membuat mabuk. Namun, tetap memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Beberapa minuman yang termasuk dalam golongan ini antara lain merek bir Bintang, San Miguel, Greensand, dan lain-lain.

Golongan B (5%-20%)

Minuman beralkohol golongan B dengan kadar etanol mulai dari 5% sampai 20%. Minuman beralkohol golongan B termasuk cukup tinggi dan sudah bisa membuat mabuk. Beberapa jenis minuman keras yang termasuk dalam golongan B antara lain anggur malaga, anggur Kolesom cap 39, anggur orang tua, anggur ketan hitam, shochu, creme cacao, dan sebagainya.

Golongan C (20%-55%)

Golongan C dalam minuman keras merupakan kadar alkohol paling tinggi untuk dikonsumsi. Golongan C adalah minuman dengan kadar alkohol mulai dari 20% sampai 55%. Minuman yang termasuk dalam golongan C antara lain Mansion of House, Scotch Brandy, Stevenson, Tanqueray, Vodca.

Jenis Minuman Alkohol yang wajib untuk diketahui :

Bir

Bir adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi biji-bijian, misalnya gandum, beras, jagung, sorgum dan sebagainya.tanpa melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Bir merupakan minuman beralkohol yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Bir menjadi salah satu minuman keras yang termasuk dalam golongan A dengan kadar mulai dari 4% sampai paling tinggi 6%.

Tequila

Tequila adalah minuman distilasi yang terbuat dari tanaman agave yang dibuat di sekitar kota Tequila, 65 kilometer barat laut Guadalajara, di daerah pegunungan di negara bagian Jalisco di barat Meksiko, Tingkat kadar alkoholnya cukup tinggi, mulai dari 38% sampai 51%.

Anggur

Anggur adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur atau buah-buahan lain. Karena adanya keseimbangan kimia alami, anggur dapat berfermentasi tanpa tambahan gula, asam, enzim, air atau nutrisi lainnya. Proses fermentasinya membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan untuk menghasilkan wine yang paling berkualitas. Proses fermentasi biasanya menggunakan bantuan ragi bernama saccharomysces cerevesiae. Kandungan alkohol dalam anggur ini mulai dari 8% sampai14%.

Rum

Rum (rhum) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Rum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya. Produsen rum terbesar di dunia adalah negara-negara Karibia dan sepanjang aliran Sungai Demerara di Guyana, Amerika Selatan. Selain itu, pabrik rum ada di negara-negara lain di dunia seperti Australia, India, Kepulauan Reunion.

Rum terdiri dari berbagai jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih umum digunakan sebagai pencampur koktail. Rum berwarna cokelat keemasan dan gelap dipakai untuk memasak, membuat kue, dan juga pencampur koktail. Hanya rum berkualitas tinggi saja yang biasa diminum polos tanpa pencampur atau ditambah es batu (on the rocks). Kadar alkohol dari minuman yang satu ini mulai dari 37,5%.

Soju

Soju adalah minuman beralkohol yang berasal dari Nrgara Korea Selatan. Minuman Soju dibuat dari bahan dasar beras yang mengalami proses distilasi, menjadikan cairan berwarna bening dengan rasa yang manis. . Selain itu, soju juga bisa dibuat menggunakan ubi, gandum, barley dan tapioka sebagai pengganti beras. Kadar Alkohol minuman ini 20%-40%.

Wiski

Wiski merujuk secara luas kepada kategori minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing, dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu. Kandungan alkohol pada wiski cukup tinggi yaitu diatas 40%, untuk itu disarankan tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Vodka

Vodka (bahasa Polandia: wódka; bahasa Rusia: во́дка; bahasa Ukraina: горілка, horilka; bahasa Belarus: гарэлка, harelka) adalah sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Sekarang sudah banyak vodka yang diberi perasa sehingga lebih memiliki cita rasa, seperti bloody mary, bullshot, martini, dan lain-lain. Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol sebesar 35 sampai 60% dari isinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa kami bantu?