Serupa Tapi Berbeda, Kenali Perbedaan Antara Dawet dan Cendol

Tak banyak yang tau, ternyata dawet dan cendol memiliki perbedaan. Meskipun sekilas terlihat sangat mirip ternyata kedua minuman ini berbeda dan masih banyak masyarakat yang salah menyebut kedua minuman ini. Jika diperhatikan lsecara detail, antara rasa, tekstur dan wujudnya ada beberapa perbedaan. Berikut perbedaan antara cendol dan dawet :

  1. Cendol berasal dari daerah Jawa Barat, yakni Banten. Yang mana bewarna hijau dan terbuat dari tepung hunkue. Teksturnya seperti jeli, begitu sangat kenyal, empuk dan padat. Cara membuat cendol dan dawet itu mirip, hanya saja bahan-bahan nya yang berbeda. Biasanya menggunakan cetakan khusus. Hingga bentuknya pun berbeda. dawet ujung-ujungnya sedikit meruncing, sedangkan cendol tidak.
  2.  Es Dawet berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Panjang dawet 2-4 cm, teksturnya tidak kenyal tapi aromanya sangat wangi, karena terbuat dari campuran tepung beras dan ketan. Bentuknya lebih kurus dengan ujung-ujung nya yang lancip. Dawet dibuat dengan alat seadanya yang mudah ditemukan di dapur, tidak membutuhkan cetakan. Es dawet juga bisa mengontrol berat badan, karena dengan meminum es dawet kita bisa lekas kenyang. Sehingga tidak membuat perut mengkonsumsi makanan berlebihan. Kegunaan untuk tubuh sama halnya seperti es cendol, karena terbuat dari campuran bahan yang hampir sama. Walaupun beda teksturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa kami bantu?