Tips Menyimpan Daging Kurban, Agar Kualitas Tetap Terjaga dan Tahan Lama

Hari Raya Idul Adha identik dengan hewan kurban, olahan daging sapi dan daging kambing. Tentunya semua orang memiliki stok daging yang melimpah, karena tidak mungkin daging sapi atau kambing langsung seketika di habiskan dan harus disimpan di dalam freezer untuk di masak di kemudian hari. Tapi, jangan asal menyimpan daging di freezer. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kualitas daging tetap terjaga dan tahan lama.

1. Jangan Mencuci Daging

Sumber : kompas.com

Tips menyimpan daging kurban yang pertama, hindari mencuci daging kurban sebelum dimasukkan ke freezer. Proses mencuci daging ini menyebabkan bau tak sedap yang dimiliki daging semakin kuat, selain itu mencuci daging ternyata tidak benar-benar membersihkan bakteri yang menempel bahkan bisa terkontaminasi bakteri lain saat dicuci dan saat proses mencuci daging, air dapat meresap ke serat daging sehingga kualitas daging menurun dan mengakibatkan daging kurban menjadi rusak.

2. Potong Daging Menjadi Beberapa Potong

Sumber :liputan6.com

Cara menyimpan daging kurban selanjutnya yaitu dengan memotong daging menjadi beberapa potong sesuai takaran konsumsi 1 hari. Hal ini bertujuan untuk mencairkan daging beku sebelum di masak dan menghemat ruang penyimpanan di freezer. Kualitas daging juga lebih terjaga, sehingga daging tidak mudah busuk.

3. Simpan di Wadah Kedap Udara

Sumber : sehatq.com

Sebelum daging disimpan ke freezer, sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara karena benda ini yang nantinya akan menyentuh daging kurban secara langsung dan demi memastikan bahan pangan tetap higienis.

4. Teknik Tabur Garam

Sumber : sajiansedap.grid.id

Menyimpan daging kurban dapat dilakukan dengan cara teknik tabur garam yaitu menaburkan sejumlah garam ke daging kurban, ini bertujuan agar daging tidak mudah busuk dan membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam daging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa kami bantu?