Sajian Makanan Daerah Khas Lebaran

Bulan Ramadan tinggal hitungan hari akan segera berakhir dan bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri. Momen lebaran ini lah yang selalu dinantikan setelah menjalani Ibadah Puasa selama 1 bulan. Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan seperti lontong, ketupat, opor ayam, sambal goreng dan rendang. Namun ternyata masih banyak makanan yang disajikan saat Lebaran dari berbagai daerah selain opor ayam dan ketupat. Indonesia terdiri dari beberapa pulau, suku, adat, dan budaya yang tentunya kaya akan makanan daerah. Berikut makanan yang disajikan saat Lebaran dari berbagai Daerah :

1. Soto Banjar, Banjarmasin

Soto Banjar tidak hanya menu makanan yang biasa dsajikan dan dinikmati sehari-hari, tapi saat Lebaran soto banjar menjadi menu andalan orang Banjar. Sorto banjar terbuat dari rempah-rempah sehingga menghasilkan aroma yang khas dan cita rasa asam segar sehingga sangat cocok disantap saat Lebaran.

2. Ayam Gagape, Makassar

Kalau dilihat secara sekilas ayam gagape ini penampilannya hampir sama dengan opor ayam. Tetapi dari segi rasa dan penyajian, ayam gagape ini memiliki ciri khas unik. Ayam gagape dimasak dengan campuran santan dan menggunakan bahan utama yaitu ayam jantan dan bumbu seperti lengkuas, ketumbar bubuk, jintan dan kunyit serta diberikan tambahan kelapa parut sangrai dalam adonannya.

3. Semur Daging, Jakarta

Semur daging Jakarta bisa dijadikan makanan yang saat Hari Lebaran. Semur daging terbuat dari sarat bumbu dan kecap pekat yang manis dan gurih. Meski Semur daging seperti terkesan masakan orang suku Jawa, tetapi semur daging adalah sajian masakan khas suku Betawi. Bahan yang dapat diolah selain daging, yaitu Semur Jengkol.

4. Bebek Gulai Kurma, Aceh

Sajian Bebek Gulai Kurma termasuk makanan yang wajib disajikan oleh masyarakat di Provinsi Aceh. Bebek Gulai Kurma Perlu diketahui, meski memiliki nama ‘kurma’ makanan khas Aceh tersebut rupanya tak berbahan baku kurma. Nama ‘Kurma’ dalam menu tersebut hanya digunakan sebagai pengingat jika kuliner yang satu ini adalah makanan khas Lebaran masyarakat Aceh.

5. Ayam Woku, Manado

Ayam woku khas Manado ini memiliki rasa super pedas. Bumbu ayam woku hampir sama dengan bumbu ayam bumbu rujak, bumbu ayam woku lebih banyak menggunakan rempah-rempah dan rasanya lebih pedas. Ayam woku mempunyai rasa gurih dan perpaduan bahan dari kemiri, biasanya ayam woku di masak khusus dengan belanga atau kuali besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa kami bantu?